Jumat, 04 November 2016

Jangan Takut Menikah

Bagi para Jomblo dan jomblowati yang sudah datang waktunya menikah, lebih baik untuk menyegerakannya. Kenapa? Karena menikah itu adalah syariat Allah yang luar biasa indah. Menikah juga sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alahi wa sallam dan sahabat Beliau.


Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan agar tidak mengundur-undur waktu nikah lagi. Beberapa hal tersebut antara lain :

1. Nikah itu MEMBUKA PINTU RIZKI



Allah dzat pencipta laki-laki dan wanita telah berjanji dalam Al Quran
وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Dan nikahkanlah orang-orang yang sedirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nur : 32).



Janji Allah adalah benar! Sehingga, sebagai hamba-Nya yang beriman kita harus mengimani janji ini. Jadi, kalau sudah masuk waktu pernikahan jangan ditunda-tunda lagi. Jangan takut miskin karena menikah! Bahkan, sebaliknya kita telah melihat fakta banyak orang di sekitar kita yang  menjadi lebih mapan ekonominya ketika setelah menikah. Maka takut miskin gak bisa lagi jadi alasan untuk tidak segera menikah.



2. Mendapat Pertolongan dari Allah



Nabi shallallahu ‘alahi wa sallam sendiri pernah bersabda,
ثَلاَثَةٌ حَقٌّ عَلَى اللهِ عَوْنُهُمْ: اَلْمُجَاهِدُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ، وَالْمُكَاتَبُ الَّذِي يُرِيْدُ اْلأَدَاءَ، وَالنَّاكِحُ الَّذِي يُرِيْدُ الْعَفَافَ.
“Ada tiga golongan manusia yang berhak mendapat pertolongan Allah: (1) mujahid fi sabilillah (orang yang berjihad di jalan Allah), (2) budak yang menebus dirinya supaya merdeka, dan (3) orang yang menikah karena ingin memelihara kehormatannya (menjaga kesucian). (HR. Ahmad II/251, 437, Tirmidzi no. 1655. Dihasankan oleh Tirmidzi dan Al Albani).


Tak dapat ditampik lagi, bahwa seorang yang menjomblo secara fitrah sangat berat sekali dalam menahan hasrat biologis, apalagi bagi yang menjomblo bertahun-tahun. Menikah adalah solusi terbaik dalam mengimplementasikan hasrat tersebut dengan jalan yang diridhai oleh Allah.

Niscaya, orang yang sudah menikah akan lebih terjaga kemaluannya karena hasrat biologis tersebut tersalurnya dengan cara yang baik bersama pasangannya.





3. Menghilangkan Efek Galau dan Emosian serta Obat Sariawan Efektif




Allah sudah menetapkan salah satu ketentraman hati akan didapatkan dengan menikah
وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar Rum : 21).



 Al Mawardi berkata mengenai ayat tersebut, “Mereka akan begitu tenang ketika berada di samping pasangan mereka karena Allah memberikan pada nikah tersebut ketentraman yang tidak didapati pada yang lainnya.” (An Nukat wal ‘Uyun).



Jadi, dapat dikatakan kalau pemuda dan pemudi yang sering dilanda galau artinya masa pernikahan sudah mendatanginya. Bisa jadi, itu sebagai peringatan biologis yang telah Allah tetapkan dalam tubuh kita, dimana harusnya dengan peringatan tersebut kita jawab dengan pernikahan. Bukan malah sebaliknya, kesalahan kebanyakan pemuda dan pemudi Islam di  era modern sekarang yaitu ketika peringatan biologis ini sudah di titik nadhir mereka tidak segera mengerakan untuk menikah sehingga ketentraman hakiki secara biologis tidak diraih.

Sebaliknya, akan sangat kita sayangkan malah banyak sebagian pemuda dan pemudi yang sudah mendapat peringatan ini malah melakukan pelarian dengan berbagai macam hobi yang menghabiskan waktu dan tenaga secara sia-sia. Bahkan, Na’udzu billah ada yang sampai melakukan pelarian dengan berzina. Ini jelas pelarian yang salah dan tidak tepat.


Tindakan seperti di atas harusnya bisa dihindari dengan menyegerakan menikah. Menikah dapat menentramkan hati, menyehatkan badan dan menormalisasi kinerja hormon manusia. Sehingga, ayo jangan ditunda lagi Menikah itu Indah…… Jangan Takut Menikah!!!




 Abu Fahima Al Ahimza







0 komentar:

Posting Komentar