Kamis, 04 Juni 2015

Hukum Musik di Mata 4 Imam Mazhab

Hukum Musik di Mata 4 Imam Mazhab

Oleh : Abu Fahima Fatih Al Ahimza

1. Imam Abu Hanifah (Mazhab Hanafy)
Nyanyian itu adalah haram dalam semua agama.” (Ruh Al-Ma’ani: 21/67 karya Al-Alusi).

Abu Ath-Thayyib Ath-Thabari berkata, “Abu Hanifah membenci nyanyian dan menghukumi perbuatan mendengar nyanyian adalah dosa.” (Talbis Iblis hal. 282 karya Ibnu Al-Jauzi).

2. Imam Malik (Mazhab Maliky)
Abu Ath-Thayyib Ath-Thabari berkata, “Adapun Malik bin Anas, maka beliau telah melarang dari menyanyi dan mendengarkan nyanyian. Dan ini adalah mazhab semua penduduk Madinah.” (Talbis Iblis hal. 282).

3. Imam As Syafi'i (Mazhab Syafi'iyah)
Al Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata, “Aku mendapati di Iraq sesuatu yang bernama taghbir, yang dimunculkan oleh orang-orang zindiq guna menghalangi orang-orang dari membaca AL-Qur`an.” (Riwayat Abu Nuaim dalam Al-Hilyah: 9/146 dan Ibnu Al-Jauzi dalam Talbis Iblis hal. 283 dengan sanad yang shahih). 

Taghbir adalah seperti nasyid jaman sekarang, yaitu kumpulan bait syair yang berisi anjuran untuk zuhud terhadap dunia, yang dilantunkan oleh seorang penyanyi sementara yang hadir memukul rebana mengiringinya. Nasyid jaman sekarang berkembang lebih parah lagi, selain hanya mengulisan masalah percintaan, alat musiknya juga membawa kerusakan yang lebih parah.

Ibnu Al-Jauzi berkata, “Murid-murid senior Asy-Syafi’i radhiyallahu anhum mengingkari perbuatan mendengar (nyanyian).” (Talbis Iblis hal. 283).

4. Imam Ahmad bin Hambal (Mazhab Hambali)
Abdullah bin Ahmad bin Hanbal berkata, “Aku bertanya kepada ayahku tentang nyanyian, maka beliau menjawab, “Nyanyian itu menumbuhkan kemunafikan di dalam hati, saya tidak menyukainya.” (Riwayat Al-Khallal dalam Al-Amru bil Ma’ruf hal. 142).

✴ Ibnu Taimiah rahimahullah berkata, 
Imam Empat, mereka telah bersepakat mengharamkan alat-alat musik yang merupakan alat-alat permainan yang tidak berguna.” (Minhaj As-Sunnah: 3/439). 

Semoga Allah menjauhkan kita dan segala macam fitnah dalam bentuk musik dan nyanyian. Wallahu ta'alaa a'lam.

Ma'raji : Talbis Iblis Karya Imam Ibnu Al-Jauzy

Darul Aqidah Ahlus Sunnah
Join WA-Darul Aqidah Ahlus Sunnah
▶ Ketik : Gabung (space) Nama (space) asal kota
Contoh : Gabung Dzulkifli Lampung
Kirim ke +62 878-3535-5950

0 komentar:

Posting Komentar